Program Java : Latihan 5 Hitung Lingkaran Dengan Perulangan

Hello disini saya akan membuat Coding Hitung Lingkaran Dengan Perulangan. Pada umumnya kita akan membutuhkan 2 kelas berbeda dan menghubungkan nya, dari kelas Lt6_HitungLingkaran Sebagai kelas utama dan Lt5_bacaKeyboard sebagai inputan apakah akan mengulang.
Untuk lebih jelasnya, mari kita coba membuat program…

Contoh Program Bacakeyboard

Contoh program, silahkan buat kelas baru bernama Lt5_bacaKeyboard . Kemudian ikuti kode berikut:

import java.io.*; // import paket java.io

public class Lt5_bacaKeyboard{

     public static String bacaString() {

         int karakter;

         String string = ""; // variabel string yang masih kosong

         boolean selesai = false;  // variabel selesai dengan type data yang bernilai False 

     while(!selesai) { // Kalau nilai variabel running bernilai false, maka perulangan berhenti


     try{ /**
  * digunakan untuk mengurung eksekusi yang menampilkan error dan 
 * dapat membuat program tetap berjalan tanpa dihentikan secara langsung (try{}catch)
*/
     karakter = System.in.read(); //isi variabel dari karakter

     if(karakter < 0 || (char)karakter == '\n')

     selesai = true;

     else

     if(karakter != '\r')

     string = string + (char)karakter;

     }catch(IOException ioe) {

      System.err.println("Ada Kesalahan Inputan!!!"); //jika ada kesalahan maka ini akan berjalan

    selesai = true; // menghentikan looping

     }

  }

return string; // mengembalikan nilai dari inputan kelas pertama

  }

}


Contoh Program Hitung Lingkaran Dengan Perulangan

Kemudian kiata buat kelas baru bernama Lt6_HitungLingkaran. Kemudian ikuti kode berikut:



public class Lt6_HitungLingkaran{

public static void main (String[] args){

char lagi = 'y'; // variabel y



System.out.println("--------------------------------");

System.out.println("Program Hitungan Keliling & Luas Lingkaran");

System.out.println("--------------------------------");

System.out.println("   KAMPUS UNINDRA PGRI JAKARTA   ");

System.out.println("--------------------------------");



while(lagi == 'y'){  // Kalau nilai variabel running bernilai false, maka perulangan berhenti


System.out.print("\nMasukkan Nailai Jari Jari Lingkaran : ");

try{/**
  * digunakan untuk mengurung eksekusi yang menampilkan error dan
  * dapat membuat program tetap berjalan tanpa dihentikan secara langsung (try{}catch)
  */

  String st = Lt5_bacaKeyboard.bacaString(); //menginput mengulang,lalu inputan akan dikirim ke Kelas Lt5_bacaKeyboard dan dikembalikan

      double jari2 = Double.valueOf(st).doubleValue();

      double keliling = 2 * Math.PI * jari2; //metode konstatanta PI(3.14)

      double luas = Math.PI * Math.pow(jari2,2);



      System.out.println("Setelah Memberi Angka Jari Jari, Maka : ");

      System.out.println("----------------------------------------");

      System.out.println("\nKeliling Lingkaran = "+keliling);

      System.out.println("Luas Lingkaran = "+luas+'\n');

  }catch(NumberFormatException nfe){

System.out.println("\nWahhhhh..... Ada Kesalahan Inputan");

System.out.println("Nilai Jari Jari Harus Berupa Angka!!!!");

  }


        System.out.print("Mau Coba Kembali (y/t) : ");

        String str = Lt5_bacaKeyboard.bacaString(); //menginput mengulang,lalu inputan akan dikirim ke Kelas Lt5_bacaKeyboard dan dikembalikan

        lagi = str.charAt(0);

        if(lagi == 'y') lagi = 'y';

        if(lagi == 'y') continue;

        else{

        System.out.println("Terima Kasih Sudah Mencoba");

        break;

      }

   }

}

}


Output :

Posting Komentar

0 Komentar