Lt6_HitungLingkaran
Sebagai kelas utama dan Lt5_bacaKeyboard
sebagai inputan apakah akan mengulang.Untuk lebih jelasnya, mari kita coba membuat program…
Contoh Program Bacakeyboard
Contoh program, silahkan buat kelas baru bernamaLt5_bacaKeyboard
. Kemudian ikuti kode berikut:
import java.io.*; // import paket java.io public class Lt5_bacaKeyboard{ public static String bacaString() { int karakter; String string = ""; // variabel string yang masih kosong boolean selesai = false; // variabel selesai dengan type data yang bernilai False while(!selesai) { // Kalau nilai variabel running bernilai false, maka perulangan berhenti try{ /** * digunakan untuk mengurung eksekusi yang menampilkan error dan * dapat membuat program tetap berjalan tanpa dihentikan secara langsung (try{}catch) */ karakter = System.in.read(); //isi variabel dari karakter if(karakter < 0 || (char)karakter == '\n') selesai = true; else if(karakter != '\r') string = string + (char)karakter; }catch(IOException ioe) { System.err.println("Ada Kesalahan Inputan!!!"); //jika ada kesalahan maka ini akan berjalan selesai = true; // menghentikan looping } } return string; // mengembalikan nilai dari inputan kelas pertama } }
Contoh Program Hitung Lingkaran Dengan Perulangan
Kemudian kiata buat kelas baru bernamaLt6_HitungLingkaran
. Kemudian ikuti kode berikut:
public class Lt6_HitungLingkaran{ public static void main (String[] args){ char lagi = 'y'; // variabel y System.out.println("--------------------------------"); System.out.println("Program Hitungan Keliling & Luas Lingkaran"); System.out.println("--------------------------------"); System.out.println(" KAMPUS UNINDRA PGRI JAKARTA "); System.out.println("--------------------------------"); while(lagi == 'y'){ // Kalau nilai variabel running bernilai false, maka perulangan berhenti System.out.print("\nMasukkan Nailai Jari Jari Lingkaran : "); try{/** * digunakan untuk mengurung eksekusi yang menampilkan error dan * dapat membuat program tetap berjalan tanpa dihentikan secara langsung (try{}catch) */ String st = Lt5_bacaKeyboard.bacaString(); //menginput mengulang,lalu inputan akan dikirim ke Kelas Lt5_bacaKeyboard dan dikembalikan double jari2 = Double.valueOf(st).doubleValue(); double keliling = 2 * Math.PI * jari2; //metode konstatanta PI(3.14) double luas = Math.PI * Math.pow(jari2,2); System.out.println("Setelah Memberi Angka Jari Jari, Maka : "); System.out.println("----------------------------------------"); System.out.println("\nKeliling Lingkaran = "+keliling); System.out.println("Luas Lingkaran = "+luas+'\n'); }catch(NumberFormatException nfe){ System.out.println("\nWahhhhh..... Ada Kesalahan Inputan"); System.out.println("Nilai Jari Jari Harus Berupa Angka!!!!"); } System.out.print("Mau Coba Kembali (y/t) : "); String str = Lt5_bacaKeyboard.bacaString(); //menginput mengulang,lalu inputan akan dikirim ke Kelas
Lt5_bacaKeyboard dan dikembalikan
lagi = str.charAt(0); if(lagi == 'y') lagi = 'y'; if(lagi == 'y') continue; else{ System.out.println("Terima Kasih Sudah Mencoba"); break; } } } }
Output :
0 Komentar