private
agar tidak bisa
diakses secara langsung dari luar class, di Java Anda harus membuat terlebih dahulu sebuah class dan membuat sebuah method yang merupakan method utama dari kode program.Sebuah method di Java memiliki struktur yang terdiri dari:
- modifier berbagai statement yang menandakan hak akses method tersebut dari luar class. Terdiri dari statement public, private, dan protected
- return type, statement yang menandakan tipe kembalian dari method. Ada int, void, String, double, dan berbagai objek kompleks di Java
- nama method, nama method yang biasanya terdiri dari alfabet saja dan ditulis dengan camel case
- parameter, berbagai nilai yang diperlukan oleh method, dalam penulisannya harus diawali dulu dengan tipe datanya baru nama parameternya.
- return statement, kembalian suatu method harus sesuai dengan tipe data method, jadi jika method berjenis int maka kembaliannya harus int. Khusus untuk tipe void tidak perlu menggunakan return statement
- exception, kemungkinan error yang akan muncul ketika kode dieksekusi di dalam method, biasanya ditambahkan statement throws dan jenis exception yang akan ditangkap
Mari kita coba dalam contoh program…
Contoh Program Hitung Bangun
Program Hitung
Silahkan buat class baru bernama
Hitung
, kemudian ikuti kode berikut:
import java.util.Scanner; // menginpor paket Scanner(inputan)
public class hitung {
Scanner in = new Scanner(System.in);
public static void main(String [] args){
char lagi ='y'; //variabel awal untuk menggulang di Looping
hitung object = new hitung(); // membuat object dari kelas hitung
object.menu(); // memanggil metode void menu
}
public void menu(){ // metode void menu
System.out.println("");
System.out.println("****************************");
System.out.println("PROGRAM HITUNG BIDANG part I");
System.out.println("****************************");
System.out.print(" 1. Luas Segitiga \n " +
"2. Luas Bujur Sangkar \n " +
"3. Luas Lingkaran \n " +
"4. Luas Persegi Panjang \n " +
"5. Luas Bola \n " +
"6. Volume Bola \n " +
"0. Keluar(pilih ini jika bosan) \n" +
"Masukan Pilihan : ");
int pilih = in.nextInt(); // menginput pilihan
switch(pilih){ // hasil pilihan di olah, apakah ada yang sama
case 1 : { // jika pilihan 1
luas3 luas = new luas3(); // memeanggil kelas luas3
luas.Segi3(); // mengeksekusi coding di kelas luas3
menu(); // kembali menampilkan metode void menu
break; // keluar
}
case 2 : { //jika pilih 2
luasBS luas = new luasBS(); // memeanggil kelas luasBS
luas.BujurS(); // mengeksekusi coding di kelas luas3
menu(); // kembali menampilkan metode void menu
break; // keluar
}
case 3 : { // jika plih 3
luasL luas = new luasL(); // memanggil kelas luasL
luas.Ling(); // mengeksekusi coding di kelas luasL
menu(); // kembali menampilkan metode void menu
break; // keluar
}
case 4 : { // jika pilih 4
luasPP luas = new luasPP(); // memangggil kelas luasPP
luas.Per4(); // mengeksekusi coding di kelas luasPP
menu(); // kembali menampilkan metode void menu
break; // keluar
}
case 5 : { // jika pilih 5
luasBola luas = new luasBola(); // memanggil kelas luasBola
luas.Bola(); // mengeksekusi coding di kelas luasBola
menu(); // kembali menampilkan metode void menu
break; // keluar
}
case 6 : { // jika pilih 6
VolumeBola luas = new VolumeBola(); // memanggil kelas VolumeBola
luas.Vbola(); // mengeksekusi coding di kelas VolumeBola
menu(); // kembali menampilkan metode void menu
break; // keluar
}
case 0 : { System.exit(0); //jika pilih 0, maka akan keluar
}
default : { // jika tidak ada pilihan diatas maka akan mengeksekusi ini
System.err.println("Ooooo......Ada Kesalahan Coy"); System.exit(0); }
}
}
}
Pada kelas - kelas dibawah akan menjadi Isi saaat menghitung seperti kelas
luas3
untuk mencari Luasa Segi tiga.Program Segitiga
luas3
, kemudian ikuti kode berikut:
import java.util.Scanner; // menginpor paket Scanner(inputan)
public class luas3 {
private int i;
public int Segi3(){
Scanner in = new Scanner(System.in);
System.out.println("PROGRAM LUAS SEGITIGA");
System.out.print("Masukan Nilai Alas : ");
int alas = in.nextInt(); // inputan
System.out.print("Masukan Nilai Tinggi : ");
int tinggi = in.nextInt(); // inputan
int luas = (alas*tinggi)/2; // rumus
System.out.println("Luas dari Alas = "+alas+" & Tinggi = "+tinggi+" Adalah "+luas);
return i; // mengembalikan nilai
}
}
Proggram Luas Bola
luasBola
, kemudian ikuti kode berikut:
import java.util.Scanner;
public class luasBola {
private int i;
public int Bola(){
Scanner in = new Scanner(System.in);
System.out.println("PROGRAM LUAS BOLA");
System.out.println("Masukan Nilai Jari-Jari : ");
double jari2 = in.nextDouble(); // inputan
double luas = ((Math.PI * Math.pow(jari2,2)*4)); //rumus dengan menggunakan metode pow(pangkat) & PI(3.14)
System.out.println("Luas Bola dari Jari-Jari = "+jari2+" Adalah "+luas);
return i; // mengembalikan nilai
}
}
Proggram Luas Bujur Sangkar
luasBs
, kemudian ikuti kode berikut:
import java.util.Scanner; //mengimpor paket Scanner(inputan)
public class luasBS {
private int i;
public int BujurS(){
Scanner in = new Scanner(System.in);
System.out.println("PROGRAM LUAS BUJUR SANGKAR");
System.out.println("Masukan Nilai Sisi : ");
int sisi = in.nextInt(); // inputan
int luas = (sisi *sisi); // rumus
System.out.println("Luas Bujur Sangkar dari Sisi = "+sisi+" Adalah "+luas);
return i; // mengembalikan nilai
}
}
Proggram Luas Persegi Panjang
luasPP
, kemudian ikuti kode berikut:
import java.util.Scanner; // mengimpor paket Scannner(inputan)
public class luasPP {
private int i;
public int Per4(){
Scanner in = new Scanner(System.in);
System.out.println("PROGRAM LUAS PERSEGI PANJANG");
System.out.print("Masukan Nilai Panjang : ");
int p = in.nextInt(); // inputan
System.out.print("Masukan Nilai Lebar : ");
int l = in.nextInt(); // inputan
int luas = (p*l); // rumus
System.out.println("Luas dari Panjang = "+p+" & Lebar = "+l+" Adalah "+luas);
return i; // mengembalikan nilai
}
}
Proggram Volume Bola
VolumeBola
, kemudian ikuti kode berikut:
import java.util.Scanner; // mengimpor paket Scanner
public class VolumeBola {
private int i;
public int Vbola(){
Scanner in = new Scanner(System.in);
System.out.println("PROGRAM VOLUME BOLA");
System.out.println("Masukan Nilai Jari-Jari : ");
double jari2 = in.nextDouble(); // inputan
double luas = (((Math.PI * Math.pow(jari2,3)*4)/3)); // rumus dengan menggunakan metode pow(pangkat) & PI(3.14)
System.out.println("Volume Bola dari Jari-Jari = "+jari2+" Adalah "+luas);
return i; // mengembalikan nilai
}
}
Proggram Luasa Lingkaran
VolumeBola
, kemudian ikuti kode berikut:
import java.util.Scanner; // mengimpor paket Scanner(inputan)
public class luasL {
private int i;
public int Ling(){
Scanner in = new Scanner(System.in);
System.out.println("PROGRAM LUAS LINGKARAN");
System.out.println("Masukan Nilai Jari-Jari : ");
double jari2 = in.nextDouble(); // inputan
double luas = Math.PI * Math.pow(jari2,2); // rumus dengan meggunakan metode pow(pangkat) & PI(3.14)
System.out.println("Luas Lingkaran dari Jari-Jari = "+jari2+" Adalah "+luas);
return i; //mengembalikan nilai
}
}
Output :
0 Komentar