Program Java : Latihan Bangun Ruang Dengan Penghubung & Perulangan denagan Method

Hello disini saya akan membuat Coding Bangun Ruang Dengan Penghubung & Perulangan dengan Methode. Dalam OOP kita sering mendengar istilah encapsulation (pembungkusan), di mana data dibungkus dengan modifier private agar tidak bisa diakses secara langsung dari luar class, di Java Anda harus membuat terlebih dahulu sebuah class dan membuat sebuah method yang merupakan method utama dari kode program.
Sebuah method di Java memiliki struktur yang terdiri dari:
  • modifier berbagai statement yang menandakan hak akses method tersebut dari luar class. Terdiri dari statement public, private, dan protected
  • return type, statement yang menandakan tipe kembalian dari method. Ada int, void, String, double, dan berbagai objek kompleks di Java
  • nama method, nama method yang biasanya terdiri dari alfabet saja dan ditulis dengan camel case
  • parameter, berbagai nilai yang diperlukan oleh method, dalam penulisannya harus diawali dulu dengan tipe datanya baru nama parameternya.
  • return statement, kembalian suatu method harus sesuai dengan tipe data method, jadi jika method berjenis int maka kembaliannya harus int. Khusus untuk tipe void tidak perlu menggunakan return statement
  • exception, kemungkinan error yang akan muncul ketika kode dieksekusi di dalam method, biasanya ditambahkan statement throws dan jenis exception yang akan ditangkap
Method di Java harus selalu berada di dalam class tidak dapat berdiri sendiri seperti di Python atau PHP.
Mari kita coba dalam contoh program…

Contoh Program Hitung Bangun

  •  Program Hitung

Pada kelas hitung dibawah akan menjadi Menu dan memanggil  kelas - kelas hitung seperti kelas luasBola dan sebagainya.
Silahkan buat class baru bernama Hitung, kemudian ikuti kode berikut:

import java.util.Scanner; // menginpor paket Scanner(inputan)

public class hitung {

    Scanner in = new Scanner(System.in);

    public static void main(String [] args){

        char lagi ='y'; //variabel awal untuk menggulang di Looping

        hitung object = new hitung(); // membuat object dari kelas hitung

        object.menu(); // memanggil metode void menu

    }  

    public void menu(){ // metode void menu

        System.out.println("");

        System.out.println("****************************");

        System.out.println("PROGRAM HITUNG BIDANG part I");

        System.out.println("****************************");

        System.out.print(" 1. Luas Segitiga \n " +

                          "2. Luas Bujur Sangkar \n " +

                          "3. Luas Lingkaran \n " +

                          "4. Luas Persegi Panjang \n " +

                          "5. Luas Bola \n " +

                          "6. Volume Bola \n " +

                          "0. Keluar(pilih ini jika bosan) \n" +

                          "Masukan Pilihan : ");

        int pilih = in.nextInt(); // menginput pilihan

        switch(pilih){ // hasil pilihan di olah, apakah ada yang sama

        case 1 : { // jika pilihan 1

        luas3 luas = new luas3(); // memeanggil kelas luas3

        luas.Segi3(); // mengeksekusi coding di kelas luas3

        menu(); // kembali menampilkan metode void menu

        break; // keluar

        }

        case 2 : { //jika pilih 2

            luasBS luas = new luasBS(); // memeanggil kelas luasBS

            luas.BujurS(); // mengeksekusi coding di kelas luas3

           menu(); // kembali menampilkan metode void menu

            break; // keluar

            }

        case 3 : { // jika plih 3

            luasL luas = new luasL(); // memanggil kelas luasL

            luas.Ling(); // mengeksekusi coding di kelas luasL 

           menu(); // kembali menampilkan metode void menu

            break; // keluar

            }

        case 4 : { // jika pilih 4

            luasPP luas = new luasPP(); // memangggil kelas luasPP

            luas.Per4(); // mengeksekusi coding di kelas luasPP

            menu(); // kembali menampilkan metode void menu

            break; // keluar

            }

        case 5 : { // jika pilih 5

            luasBola luas = new luasBola(); // memanggil kelas luasBola

            luas.Bola(); // mengeksekusi coding di kelas luasBola

            menu(); // kembali menampilkan metode void menu

            break; // keluar

            }

        case 6 : { // jika pilih 6

            VolumeBola luas = new VolumeBola(); // memanggil kelas VolumeBola

            luas.Vbola(); // mengeksekusi coding di kelas VolumeBola

            menu(); // kembali menampilkan metode void menu

            break; // keluar

            }

        case 0 : { System.exit(0); //jika pilih 0, maka akan keluar

            }

        default : { // jika tidak ada pilihan diatas maka akan mengeksekusi ini
          System.err.println("Ooooo......Ada Kesalahan Coy"); System.exit(0); }

            

        }

    }

}


Pada kelas - kelas dibawah akan menjadi Isi saaat menghitung seperti kelas luas3 untuk mencari Luasa Segi tiga.
  •  Program Segitiga

Silahkan buat class baru bernama luas3, kemudian ikuti kode berikut:

import java.util.Scanner; // menginpor paket Scanner(inputan)
public class luas3 { 
    private int i;
    public int Segi3(){
        Scanner in = new Scanner(System.in); 
        System.out.println("PROGRAM LUAS SEGITIGA");
        System.out.print("Masukan Nilai Alas : ");
        int alas = in.nextInt(); // inputan
        System.out.print("Masukan Nilai Tinggi : ");
        int tinggi = in.nextInt(); // inputan
       
        int luas = (alas*tinggi)/2; // rumus
       
        System.out.println("Luas dari Alas = "+alas+" & Tinggi = "+tinggi+" Adalah "+luas);
        return i; // mengembalikan nilai 
    }
}
  • Proggram Luas Bola

Silahkan buat class baru bernama luasBola, kemudian ikuti kode berikut:

import java.util.Scanner;

public class luasBola {
    private int i;
    public int Bola(){
        Scanner in = new Scanner(System.in);
        System.out.println("PROGRAM LUAS BOLA");
        System.out.println("Masukan Nilai Jari-Jari : ");
        double jari2 = in.nextDouble(); // inputan
        double luas = ((Math.PI * Math.pow(jari2,2)*4)); //rumus dengan menggunakan metode pow(pangkat) & PI(3.14)
        System.out.println("Luas Bola dari Jari-Jari = "+jari2+" Adalah "+luas);
        return i; // mengembalikan nilai
    }
}

  • Proggram Luas Bujur Sangkar

Silahkan buat class baru bernama luasBs, kemudian ikuti kode berikut:

import java.util.Scanner; //mengimpor paket Scanner(inputan)
public class luasBS {
    private int i;
    public int BujurS(){
        Scanner in = new Scanner(System.in);
        System.out.println("PROGRAM LUAS BUJUR SANGKAR");
        System.out.println("Masukan Nilai Sisi : ");
        int sisi = in.nextInt(); // inputan
        int luas = (sisi *sisi); // rumus
        System.out.println("Luas Bujur Sangkar dari Sisi = "+sisi+" Adalah "+luas);
        return i; // mengembalikan nilai
    }
}
  • Proggram Luas Persegi Panjang

Silahkan buat class baru bernama luasPP, kemudian ikuti kode berikut:

import java.util.Scanner; // mengimpor paket Scannner(inputan)

public class luasPP {
    private int i;
    public int Per4(){
        Scanner in = new Scanner(System.in);
        System.out.println("PROGRAM LUAS PERSEGI PANJANG");
        System.out.print("Masukan Nilai Panjang : ");
        int p = in.nextInt(); // inputan 
        System.out.print("Masukan Nilai Lebar : ");
        int l = in.nextInt(); // inputan
        
        int luas = (p*l); // rumus
        
        System.out.println("Luas dari Panjang = "+p+" & Lebar = "+l+" Adalah "+luas);
        return i; // mengembalikan nilai
    }
}

  • Proggram Volume Bola

Silahkan buat class baru bernama VolumeBola, kemudian ikuti kode berikut:

import java.util.Scanner; // mengimpor paket Scanner

public class VolumeBola {
    private int i;
    public int Vbola(){
        Scanner in = new Scanner(System.in);
        System.out.println("PROGRAM VOLUME BOLA");
        System.out.println("Masukan Nilai Jari-Jari : ");
        double jari2 = in.nextDouble(); // inputan
        double luas = (((Math.PI * Math.pow(jari2,3)*4)/3)); // rumus dengan menggunakan metode pow(pangkat) & PI(3.14)
        System.out.println("Volume Bola dari Jari-Jari = "+jari2+" Adalah "+luas);
        return i; // mengembalikan nilai
    }
}
  • Proggram Luasa Lingkaran

Silahkan buat class baru bernama VolumeBola, kemudian ikuti kode berikut:

import java.util.Scanner; // mengimpor paket Scanner(inputan)

public class luasL {
    private int i;
    public int Ling(){
        Scanner in = new Scanner(System.in);
        System.out.println("PROGRAM LUAS LINGKARAN");
        System.out.println("Masukan Nilai Jari-Jari : ");
        double jari2 = in.nextDouble(); // inputan
        double luas = Math.PI * Math.pow(jari2,2); // rumus dengan meggunakan metode pow(pangkat) & PI(3.14)
        System.out.println("Luas Lingkaran dari Jari-Jari = "+jari2+" Adalah "+luas);
        return i; //mengembalikan nilai

    }

}

Output :

Posting Komentar

0 Komentar